Sembako Kembang Api

29 Dec 2015

Banner GIF AdSenseCamp 300x250 - dipoGrafi

Perayaan tahun baru terasa kurang meriah tanpa adanya kembang api yang mewarnai langit malam yang gelap. Semenjak penggunaan petasan banyak dilarang oleh pihak yang berwajib maka kembang api menjadi salah satu pilihan favorit untuk menambah meriahnya malam tahun baru juga malam-malam perayaan hari besar lainnya.

 

Ilustrasi Sembako Kembang Api - dipoGrafi

 

Penggunaan kembang api untuk memeriahkan berbagai perayaan dimulai oleh bangsa Cina sejak abad ke-7 yang lalu saat Dinasti Tang berkuasa. Nilai filosofi dari kembang api menurut bangsa Cina adalah dapat mengusir pengaruh jahat dan mendatangkan keberuntungan serta kebahagiaan melalui kemegahan dan gemerlap warna-warni kembang api tersebut.

 

Warna-warni kembang api tidak bisa lepas dari beberapa bahan kimia berikut ini:

  • Aluminium (Al). Aluminium digunakan untuk menghasilkan warna api perak dan putih berkelap-kelip. Aluminium merupakan komponen pemberi gemerlap.
  • Barium (Ba). Barium digunakan untuk menghasilkan warna hijau dan dapat membantu menstabilkan zat volatil (zat yang mudah menguap).
  • Kalsium (Ca). Kalsium digunakan untuk memperdalam warna kembang api. Garam kalsium menghasilkan warna oranye.
  • Litium (Li). Litium adalah logam yang digunakan untuk mencampuri warna merah pada kembang api. Litium karbonat khususnya yang digunakan untuk pemberi warna.
  • Magnesium (Mg). Magnesium terbakar menghasilkan warna putih yang sangat terang. Maka dari itu magnesium digunakan untuk meningkatkan keindahan kembang api.
  • Natrium (Na). Natrium menghasilkan warna kuning pada kembang api meskipun cahaya yang dihasilkan terangnya berlebihan.
  • Stronsium (Sr). Gram stronsium menyumbangkan warna merah pada kembang api. Stronsium juga digunakan untuk menghasilkan keseimbangan warna.
  • Tembaga (Cu). Tembaga menghasilkan warna biru pada kembang api.
  • Titanium (Ti). Logam titanium terbakar dalam bentuk serbuk dan membentuk kilatan perak.

Dengan kembang api banyak orang berbagi kebahagiaan namun jangan lupa untuk mengedepankan keselamatan karena kembang api dapat juga menimbulkan bencana bila tidak hati-hati menggunakannya.

 

Kembang api menjadi inspirasi bagi penyanyi muda berbakat, Katy Perry, untuk membuat lagu ‘Firework’. Yuk, lihat videonya!

 

 

Referensi: www.ilmukimia.org


TAGS


-
Mau Belanja Hemat Di Zalora? Ini Rahasianya!
Dipopedia-ContohMenggunakanKodeVoucherZBAPoct.gif

CratisFeed

MestizoFeed

Brand Profil dipoGrafi
Entri Unggulan
Iklan Oleh dipoGrafi
Gambar Ajakan - dipoGrafi

Banner autotrafik 125x125 - dipoGrafi
Daftar anggota - survei online - kumpulkan poin - Tukarkan poin menjadi pulsa, uang tunai, atau hadiah menarik
Banner easyhits4u 125x125 - dipoGrafi
Banner extrafik 125x125 - dipoGrafi
Banner trafficadbar 125x125 - dipoGrafi

Iklan Accesstrade Lensza